Rabu, 08 Februari 2017

SEKILAS TENTANG METAFISIKA

Bismillahirrahmanirrahim
Pada kesempatan kali ini Insya Allah kami bahas sekilas mengenai metafisika yang kami olah tulisan ini dari berbagai sumber dan sedikit nukilan berdasarkan pengalaman kami.

SEKILAS TENTANG METAFISIKA

Metafisika adalah salah satu cabang Filsafat yang mempelajari dan memahami mengenai penyebab segala sesuatu sehingga hal tertentu menjadi ada.

Sebenarnya disiplin filsafat metafisika telah di mulai semenjak zaman Yunani kuo. Mulai dari filosof-filosof alam seperti Aristoteles (284-322 SM). Aristoteles sendiri tidak pernah memakai istilah metafisika. Aristoteles menyebut sesuatu yang mengkaji hal-hal yang sifatnya diluar fisika sebagai filsafat pertama (prote philosophia) untuk membedakannya dengan filsafat kedua yaitu disiplin yang mengkaji hal-hal yang bersifat fisika.

Metafisika berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri atas dua kata yaitu meta dan pysika. Meta artinya sesudah atau dibalik sesuatu dan pyisika artinya nyata, kongkrit yang dapat diukur oleh jangkauan panca indera. Metafisika secara tradisional didefiniskan sebagai pengetahuan tentang pengada (Being). Eksistensinya dibalik sesudah fisik ( meta fisik ) perlu dikaji.. Istilah metafisika diketemukan Andronicus pada tahun 70 SM ketika menghimpun karya-karya Aristoteles, dan menemukan suatu bidang diluar bidang fisika atau disiplin ilmu lain.

Namun seiring perkembangan zaman dan berjalannya waktu, ISTILAH metafisika tersebut selalu condong dan dikaitkan ke arah yang ghaib/goib, ilmu nujum, perbintangan, pengobatan jarak jauh dan macam-macam lainnya.

METAFISIKA DALAM RUANG LINGKUP KAJI SUPRANATURAL - SPIRITUAL

Dalam ruang lingkup spiritual - supranatural, metafisika bisa dimaknai sebuah kekuatan yang terletak pada kekuatan mental, akal pikiran, hati, jiwa serta semua fisik tubuh manusia, yang mana jika manusia bisa membangkitkan kinerja semua unsur tubuh mereka, maka mereka memiliki kekuatan yang sangat dahsyat.

Dalam istilah spiritual lebih dikenal sebagai ilmu ghaib (yang kekuatannya bisa dari unsur luar yakni jin atau qorin/sedulur papat) dan istilah bagi mereka yang berkecimpung di dunia pencak silat dan olah pernafasan, metafisik disebut sebagai tenaga dalam, yakni sebuah inti energi yang terletak pada kekuatan nafas dan pikiran (visualisasi). Bagi para praktisi subtle energy yaitu sebuah energi yang diakses dari alam semesta, dan diolah melalui 7 chakra utama didalam tubuh manusia. Biasa dikenal; dengan chi, ki, prana, dan lain sebagainya.

Jadi pada dasarnya Metafisik, Tenaga Dalam serta Ilmu Ghaib merupakan satu rangkaian, yang intinya mengaktifkan kekuatan/energi yang berasal dari kekuatan Non-Sains. Dalam beberapa disiplin keilmuan, kekuatan yang diaktifkan adalah unsur cakra dengan membuka 7 cakra utama serta pengendalian khodam, baik dari qorin diri sendiri maupun dari luar yakni khodam alam ulwi (atas) dan sufli (bawah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IJAZAH MAHABBAH BULAN PURNAMA 1

Bismillahirrahmanirrahim Potongan Q.S. Thoha ayat 39    وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّي وَلِتُصْنَعَ عَلَى عَيْنِي WA ALQOITU ...