Sabtu, 04 Februari 2017

AYAT - AYAT PENGOBATAN

Bismillahirrohmanirrohim.

Pada kesempatan kali ini insya Allah kami bahas tentang ayat - ayat syifa, yaitu ayat - ayat yang berfaedah untuk pengobatan. Baik penyakit jasmani maupun penyakit ruhani. Baik penyakit medis maupun non medis. Insya Allah sembuh atas seizin Allah SWT.

Jika anda menderita salah satu penyakit baik itu ringan ataupun berat mintalah pertolongan pada Allah untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Disamping berobat secara medis ataupun obat obatan herbal mintalah pertolongan pada Allah dalam sholat anda maupun diluar sholat. Bacalah ayat ayat penyembuh (asy- syifa)  yang kami sampaikan pada artikel ini. Rasakan keajaiban dari pertolongan Allah yang menakjubkan. Insya Allah tidak ada penyakit yang berat bagi Allah.

SEBUAH RIWAYAT.

Didalam sebuah riwayat yang tsiqoh, Imam Abu Qasim Qushairi ra. berkata: "seorang di antara anakku jatuh sakit sehingga dia hampir meninggal. Di waktu itu aku bermimpi bertemu Rasulullah s.a.w. Baginda bersabda: "Mengapa kamu tidak ambil manfaat dari ayat-ayat syifa'? Mengapa kamu tidak mengamalkan ayat-ayat itu dan memohon (kepada Allah s.w.t.) untuk disembuhkan?"

Setelah terjaga Imam Abu Qosim Qushairi ra menemukan enam ayat Syifa' di dalam al-Qur'an. Berikut enam ayat syifa' tersebut:
وَيَنْصُرْكُمْ عَلَيْهِمْ وَيَشْفِ صُدُورَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ

Wa yanshurkum `alayhim wa yasyfi shuduura qawmim-mu’miniin
Dan (Allah ) akan melegakan hati orang-orang yang beriman
[At-Taubah 9: 14]
يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

Yaa ayyuhaan-naasu qad jaa atkum maw`izhatum mir-rabbikum wa syifaa-ul-limaa fish-shuduuri wa hudaw wa rahmatul-lil mu’miniin
Hai Manusia, sesunguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.
[Yunus 10: 57]

يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ

Yakhruju mim-buthuunihaa syaraabum-mukhtalifun alwaanuhu fiihi syifaa-ul-linnaas
Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.
[An-Nahl 16: 69]

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

Wa nunazzilu minal qur-aani maa huwa syifaa-uw warahmatul-lil mu’miniin
Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.
[Bani Israil (Al-Israa) 17: 82]

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ

Wa idzaa maridhtu fahuwa yasyfiini
Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku
[Do’a Nabi Ibrahim dalam Surat Asy-Syu’raa’ 26:80]

قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ

Qul huwa lilladziina aamanuu hudaw wasyifaa’
Dan katakanlah (wahai Muhammad ) bahwa (Qur’an) itu adalah petunjuk dan menyembuhkan bagi orang-orang yang beriman.
[Fushshilat 41:44]

Dan setelah dibacakan ayat - ayat tersebut, sakitnyapun bersangsur - angsur sembuh.


Maka saya persilakan (ijazah secara umum) daripada kaum muslimin yang hendak mengamalkan bacaan ayat - ayat syifa ini, dan semoga mendatangkan manfaat dan barokah bagi yang mengamalkannya.
Kaifiyat mengamalkannya adalah cukup dibaca berulang - ulang ketika sakit, sambil memegang bagian tubuh yang sakit, atau dibacakan ke air. Bisa juga ditambahkan ke "Tatacara membuat air minum therapy untuk kesehatan " (bisa dilihat pada postingan kami disini: http://majelismushoyyana.blogspot.co.id/2017/01/membuat-air-minum-therapy-untuk.html )

Demikian pembahasan sekilas tentang ayat - ayat syifa semoga mendatangkan manfaat bagi kaum muslimin. Dan menjadi salah satu ikhtiar batiniyyah kita ketika sedang sakit. Imbangi juga dengan usaha zhahir berupa berobat secara medis ke dokter dan rumah sakit, dan mengkonsumsi obat - obatan herbal atau berobat alternatif lainnya.

Wallahu a'lam bi murodhih
Wabillahittaufiq.

2 komentar:

IJAZAH MAHABBAH BULAN PURNAMA 1

Bismillahirrahmanirrahim Potongan Q.S. Thoha ayat 39    وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّي وَلِتُصْنَعَ عَلَى عَيْنِي WA ALQOITU ...