Selasa, 07 Februari 2017

KAIFIYAT WIRID SURAT AL FATIHAH UNTUK MELUASKAN REJEKI

Bismillahirrahmanirrahim.

Pada kesempatan kali ini insya Allah kami bahas tentang kaifiyat wirid surah Al Fatihah untuk hajat rejeki,yang insya Allah mujarab bagi kaum muslimin yang menjalankan lelakunya secara istiqomah.

Al Fatihah dinamakan juga Ummul kitab yang berarti induk kitab atau pokok kitab, karena isinya sangat luas mencakup seluruh isi Al Qur’an. Dinamakan juga tujuh yang diulang-ulang (Sab’ul Matsaani) karena selalu dibaca pada setiap rakaat shalat. Tanpa Al Fatihah shalat Umat Islam dikatakan batal dan tidak sah, hal ini yang menunjukkan peran fundamental dari surat ini sebagai induk dari surat-surat selanjutnya. Pengertian-pengertian diatas merupakan pengertian umum yang diberikan kepada surat Al Fatihah karena berbagai keistimewaannya. Surah al-Fatihah terdiri dari 7 ayat, dan ayatnya pendek - pendek, ciri khas surah yang diturunkan di Mekkah, tetapi isinya mencakup banyak hal yang fundamental (Imam Hasan al-Bashri)

Seperti dikutip oleh Imam as-Suyuthi dalam Asror Tartibil Qur’annya mengatakan, “Sesungguhnya Allah menggabungkan ilmu-ilmu yang ada di dalam kitab-kitab Allah terdahulu (kitab-kitab yang diturunkan kepada para Nabi dan Rasul-Nya) ke dalam Al Qur'an. Lalu, Allah menggabungkan ilmu-ilmu yang ada di dalam Alquran ke dalam Al Mufashshal (surah-surah pendek). Setelah itu, Allah menggabungkan ilmu-ilmu yang ada di dalam Al Mufashshal ke dalam Surah Al Fatihah. Siapa saja yang mengetahui tafsir surah Al Fatihah, maka ia seperti orang yang mengetahui seluruh tafsir kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah kepada para Nabi dan RasulNya terdahulu.”

KAIFIYAT WIRID SURAT ALFATIHAH UNTUK MELUASKAN REJEKI

Diriwayatkan dari Imam Al Ghozali r.a. membaca surah Al Fatihah seratus kali setelah sholat fardhu dengan tatacaranya sebagai berikut:
  1. Setelah sholat Subuh sebanyak 21x
  2. Setelah sholat Zhuhur sebanyak 22x
  3. Setelah sholat Ashar sebanyak 23x
  4. Setelah sholat Maghrib sebanyak 24x
  5. Setelah sholat Isya sebanyak 10x
Maka apabila dijumlah keseluruhannya ialah sebanyak 100x. Namun apabila mampu mengerjakannya dalam sekali duduk dalam satu waktu, maka lakukanlah, tanpa harus melakukannya seperti kaifiyat diatas.

Amalkanlah sesuai kemampuan, apakah dengan cara "dicicil" seperti diatas, atau dengan cara satu kali duduk sebanyak 100x. Ambillah mana yang mudah menurut anda. 
Amalkan bacaan ini secara istiqomah setiap harinya, maka insya Allah mujarab untuk memudahkan rejeki yang datang kepada anda. Awali dengan niat yang ikhlas dan hati yang khusyu mengharap keridho-an Allah, taqorrub kepadaNYA dengan amaliyyah yang diambil dari kitab-NYA yaitu Al Qur'an. Dan imbangi amalan ini dengan usaha zhohir yaitu bekerja, berdagang, usaha, bisnis, dan lainnya. Tiadalah guna doa tanpa usaha yang nyata dari seorang hamba.

Demikian ulasan kami tentang KAIFIYAT WIRID SURAT AL FATIHAH UNTUK MELUASKAN REJEKI. Dan kami persilakan bagi kaum muslimin yang hendak mengamalkan bacaan ini dengan ijazah secara umum. Semoga Allah beri ijabah atas apa yang menjadi munajat anda.

Wallahu a'lam bi murodhih
Wabilahittaufiq 

7 komentar:

IJAZAH MAHABBAH BULAN PURNAMA 1

Bismillahirrahmanirrahim Potongan Q.S. Thoha ayat 39    وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّي وَلِتُصْنَعَ عَلَى عَيْنِي WA ALQOITU ...