Sabtu, 21 Januari 2017

TASBIH DAN PENJELASANNYA

Bismillahirrohmanirrohim

Muslim mana yang tidak kenal tasbih? sebuah alat hitung untuk berdzikir yang terdiri dari butiran- butiran kayu/batu dan dirangkai sedemikian rupa... Bahkan dijaman sekarang, tasbih juga ada dalam bentuk digital, bahkan didalam aplikasi handphone..

Didalam Al-Bayan Ash Shafi hal. 255 disebutkan bahwa tasbih yang kita kenal bentuknya sekarang baru dipergunakan oleh kebanyakan umat islam sejak abad ke-2 Hijriyyah, dan pada saat itu namanya belum dinamakan tasbih/ subhah, tetapi pada hakekatnya "tasbih" ini sudah digunakan sejak masa Rasulullah SAW.

Para sahabat menghitung dzikir dengan kerikil atau biji kurma.. bahkan didalam kitab Al-Manahil Al Musalsalah diriwayatkan bahwa Fatimah binti Husein bin Ali Karamallahu Wajhahu mempunyai benang yang banyak bundelannya untuk menghitung dzikir.. Bahkan Ali, putra dari Sayyidina Abdullah bin Abbas radliyallahu'anhu memiliki 500 butir biji zaitun yang ia pergunakan untuk menghitung jumlah rakaat shalat sunnahnya yang ia lakukan setiap hari.. Tasbih memiliki tempat tersendiri di hati umat Islam...

Berdzikir menggunakan tasbih merupakan kebiasaan para Salafus Salih, para Waliyullah dan bahkan para Sahabat Nabi SAW. 


Selain berfungsi sebagai alat bantu dalam menjaga hitungan dzikir, secara mental ketika seseorang melihat atau membawa tasbih itu menyebabkan ia ingat kepada Allah SWT, mendorongnya untuk selalu berdzikir kepadaNya.

Imam Junaid Al Baghdadi seorang Waliyullah besar dan Guru Tasawwuf generasi awal pernah ditanya oleh salah seorang muridnya mengenai berdzikir memakai tasbih dan beliau berkata:

"Jalan yang mendekatkan diriku kepada Allah tidak akan kutinggalkan!"


Demikian penjelasan tentang tasbih, semoga bermanfaat untuk kita semua 
Wallahu a'lam bi murodhih
Wabillahit taufiq..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IJAZAH MAHABBAH BULAN PURNAMA 1

Bismillahirrahmanirrahim Potongan Q.S. Thoha ayat 39    وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّي وَلِتُصْنَعَ عَلَى عَيْنِي WA ALQOITU ...