Selasa, 24 Januari 2017

SHOLAWAT NURIL ANWAR

Bismillahirrahmanirrahim
Pada kesempatan kali ini insya Allah akan kita bahas tentang sholawat Nuril Anwar berikut dengan berbagai keutamaan padanya.

Sholawat Nuril Anwar atau Nurul Anwar atau kadang disebut Sholawat Badawi Sughro adalah salah satu bacaan sholawat yang sangat populer di kalangan masyarakat. Menurut keterangan dari berbagai sumber Sholawat Nuril Anwar ini adalah Sholawat yang disusun oleh Wali Qutub Al-Imam Ahmad Al-Badawi ra. Beliau memiliki nasab atau silsilah sampai kepada Rosulullah SAW. Karena kecintaanya terhadap Rasulullah SAW juga, tersusunlah Sholawat Nuril Anwar ini. Ada banyak syair yang beliau gubah untuk menyatakan cintanya kepada Rasulullah yang begitu besar.
Seorang penulis terkenal Muslim yaitu as-Sayyid Muhammad al Murtadho - Zabidi (w. 1205 H.) menuliskan silsilah nasab (keturunan ) Imam Ahmad Al - Badawi (penyusun Sholawat Nuril Anwar) sebagai berikut: Ahmad bin 'Ali bin Ibrahim bin Muhammad bin Abi Bakar bin Ismail bin' Umar bin 'Ali ibn Utsman ibn al-Husain bin Muhammad ibn Musa al-Ashhab bin Yahya bin 'Isa bin' Ali bin Muhammad bin Hasan bin Ja'far bin 'Ali al-Hadi bin Muhammad al-Jawad ibn' Ali ar-Ridha bin Musa al-Kazim bin Ja'far al-Shadiq bin Muhammad al-Baqir bin Zain al-'Abidin 'Ali Zainal 'Abidin  bin al-Husain bin Fatimah, putri Nabi Muhammad SAW.
Bacaan sholat Nuril Anwar adalah sebagai berikut:
Bacaan Teks Sholawat Nuril Anwar Dan Khasiatnya Yang Luar Biasa
ALLAHUMMA SHOLLI 'ALAA NUURIL ANWAAR, WASIRRIL ASRAAR, WATIRYAAQIL AGHYAAR, WA MIFTAAHI BAABIL YASAAR, SAYYIDINAA MUHAMMADINIL MUKHTAAR, WA AALIHIL ATH-HAAR, WA ASH-HAABIHIL AHYAAR, 'ADADA NI'AMILLAAHI WA IFDHOOLIH.

Artinya :

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, rahasia dari segenap rahasia, penawar duka dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad saw. yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Allah dan karu-nia-Nya”


Sayyid Ahmad Ruslan memberikan komentar atas shalawat ini:
Shalawat ini sangat mujarab untuk menunaikan hajat, mengusir kesusahan, menolak bencana dan meraih cahaya, bahkan sangat manjur untuk segala keperluan.”

Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabhani dalam kitabnya “Afdhal ash-Sholawat” mengutip sebagaimana di atas dari Sayyid Ahmad Zaini Dahlan dengan sedikit tambahan, yani:
“...bahkan sholawat ini mujarrab untuk segala sesuatu dan bilangan wiridannya adalah 100 kali setiap hari.”

Sebagaimana Sholawat Badawi Kubro pada uraian yang lalu, sholawat ini juga memiiki banyak faedah bagi para pengamalnya. Beberapa ulama menyampaikan beberapa faedah sebagai berikut:
  • Jika seseorang membaca shalawat ini setiap selesai shalat fardhu, maka ia akan terhindar dari segala marabahaya dan memperoleh rezeki dengan mudah.
  • Jika seseorang membaca shalawat ini sehari dan malamnya 100 kali, maka ia akan memperoleh rezeki lahir - batin, manjur untuk mendatangkan segala hajat, menolak bencana, dan memperoleh cahaya Ilahi.
  • Jika seseorang menginginkan jabatan atau kedudukan tinggi, maka hendaklah ia membaca shalawat ini sebanyak 21 X setiap akan berangkat kerja
  • Bila seseorang membaca shalawat ini 7 kali setiap akan tidur, insya Allah ia terhindar dari sihir yang dilakukan orang yang jahat

Dan masih banyak faedah yang didapat bagi pengamal sholawat ini insya Allah.

Sedangkan penulis, mengamalkan sholawat ini sebanyak 9x setiap bakda sholat fardhu, yang jika ditotal semua adalah 45x selama sehari - semalam. Apabila ada waktu sholat yang terlupa, misal ketika sholat dzuhur lupa mengamalkan, maka diganti di waktu ashar jadi total 18x, yaitu 9x sebagai pengganti lupa di waktu bakda dzuhur, dan 9x rutinnya di bakda ashar.

Diantara wujud kecintaan kita sebagai ummat kepada Sayyidina Muhammad SAW adalah dengan memperbanyak sholawat kepada beliau. Semoga kaum muslimin yang mengamalkan sholawat ini selalu mendapatkan kemudahan dalam hidupnya, dijauhkan dari marabahaya, dan Allah bangkitkan cahaya kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW didalam sanubarinya. Aamiin..


Demikian penjelasan kami tentang Sholawat Nuril Anwar semoga menambah pembendaharaan sholawat kita dan menjadi amal pahala dihadapan Allah kelak dengan wasilah mengamalkan Sholawat Nuril Anwar ini, dan mendapatkan syafa'at dari Nabi Muhammad SAW di hari akhir nanti.

Wallahu a'lam  bi murodhih
Wabillahittaufiq.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum,
    saya mohon ijazahnya untuk mengamalkan sholawat ini...

    BalasHapus

IJAZAH MAHABBAH BULAN PURNAMA 1

Bismillahirrahmanirrahim Potongan Q.S. Thoha ayat 39    وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّي وَلِتُصْنَعَ عَلَى عَيْنِي WA ALQOITU ...